PELAYANAN ANALISA SAMPEL AIR LIMBAH

LABORATORIUM PENGUJI DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN KARANGANYAR

Laboratorium Penguji Dinas Lingkungan Hidup berlokasi di Jalan K.H. Samanhudi Cangakan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar.  Laboratorium Penguji ini belum menjadi Unit Pelaksana Tugas (UPT) tersendiri, masih dikelola Bidang Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan Hidup, tepatnya pada Seksi Pengendalian Pencemaran Lingkungan Hidup, dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati Karanganyar No. 101 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Lingkungan Hidup, dikukuhkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nomor : 660.1/119.3 Tahun 2016  yang telah diperbaharui dalam SK Kepala Dinas Nomor 660.1/119.3 Tahun 2017, SK Kepala Dinas Nomor 660.1/196.3 Tahun 2018 dan SK Kepala Dinas Nomor 660.1/110.3 Tahun 2019 tentang Pembentukan Struktur Organisasi dan Tata Kerja Laboratorium Penguji Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karanganyar.

Laboratorium Penguji Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karanganyar telah mendapatkan Akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional dengan Nomor LP-1280-IDN yang ditetapkan pada 3 Desember 2018. Ruang lingkup terakreditasi yaitu pengujian Fisika / Kimia Air Limbah meliputi :

  1. Parameter pH (uji kadar keasaman);
  2. Parameter TSS (Total Suspended Solid) atau uji kandungan padatan tersuspensi total;
  3. Parameter BOD ( Biochemical Oxygen Demand) atau uji pencemaran karena bahan organik;
  4. Parameter COD ( Chemical Oxygen Demand) atau uji kandungan oksigen kimia yang terlarut;
  5. Parameter DHL ( Daya Hantar Listrik);
  6. Parameter Suhu;
  7. Parameter Logam terdiri dari Cr total, Cd total, Pb total, Zn total, Cu total, Mn terlarut dan Fe terlarut.

Untuk saat ini Laboratorium Penguji Dinas Lingkungan Hidup telah mampu melayani permintaan pengujian sesuai parameter terakreditasi di atas.

Alur Pelayanan di Laboratorium Penguji Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karanganyar dikelompokkan menjadi 2 (dua) kelompok pelayanan yaitu :

  1. Alur Pelayanan Pengujian
  2. Alur Pelayanan Aduan

 

ALUR PELAYANAN PENGUJIAN

  • Pelayanan Pengujian dilayani pada hari Rabu dan Kamis dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB (terutama untuk sampel yang diuji parameter BOD),
  • Sampel yang tidak memuat parameter BOD dapat dilayani dari hari Senin – Jumat dengan waktu yang sama kecuali hari Jumat pukul 08.00 WIB – 10.00 WIB.
  • Pendaftaran dilakukan 1 hari sebelum penyerahan sampel, dengan mengisi google form dengan klik disini
  • Sampel yang diterima adalah sampel yang memenuhi kriteria dengan volume minimal 1,5L, ditempatkan dalam wadah yang bersih dan tidak terkontaminasi, waktu pengambilan, lama pengambilan dan kondisi sampel harus jelas.

 

ALUR PELAYANAN ADUAN

            Pelayanan Aduan adalah aduan terkait Laporan Hasil Uji (LHU) yang diterbitkan oleh Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup, aduan diterima paling lama 30 (tiga puluh) hari setelah tanggal terbit LHU. Aduan yang masuk setelah melebihi batas waktu yang ditentukan tidak dapat diterima.