Pelantikan dan Pengukuhan ASOBSI (Asosiasi Bank Sampah Indonesia) DPD (Dewan Pengurus Daerah) Kabupaten Karanganyar dilaksanakan pada Senin (28/11/2022). Bertempat di Gedung Dinas Lingkungan Hidup Karanganyar, pelantikan dan pengukuhan oleh Ketua Umum ASOBSI-Wilda Yanti dan Bupati Karanganyar-Drs. Juliyatmono, M.M.

Pelantikan dan pengukuhan dihadiri oleh beberapa OPD terkait, BUMD, APINDO Karanganyar serta 55 perwakilan Bank Sampah di Kabupaten Karanganyar. Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan, pembacaan do’a, laporan dan sambutan Kepala DLH Karanganyar, sambutan Bupati Karanganyar dan pembinaan oleh Ketum ASOBSI.

Dalam sambutannya, Kepala DLH Karanganyar menyampaikan bahwa Upaya DLH mengimplementasikan Program dan Kebijakan Bupati Karanganyar tentang sampah tuntas di Desa/ Kelurahan, yaitu : Pelantikan ASOBSI DPD Karanganyar; Sosialisasi tentang Bank Sampah wilayah Kab. Karanganyar dan sekitarnya yang berbatasan; Pembentukan Bank Sampah di Kabupaten Karanganyar; Pemberian barang-barang hibah pendukung tuntas sampah di desa; Mendukung adanya inovasi dari kelompok dan masyarakat, contohnya dalam pembuatan komposter, paving yang dibuat dari limbah sampah plastik.

Beliau juga menambahkan adanya ASOBSI DPD Karanganyar dengan tujuan sebagai sarana berkoordinasi, berkomunikasi dan berkonsultasi antara Pemda dengan Pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang ada di daerah. Masih ada bank sampah yang belum terdaftar di DLH, sehingga menjadi PR ke depannya untuk mendata.

“Penghasil sampah adalah manusia dan manusia itu suka akan kebersihan dan keindahan, maka tugas manusia di bumi adalah menjaganya. Sampah itu seperti terorisme, banyak orang menghindarinya. Tetapi masih banyak orang tidak peduli pada lingkungan, membuang sampah di sembarang tempat contohnya di pinggir jalan dan sungai, tetapi menyalahkan orang lain jika ada polusi sampah. Karena itu berharap kehadiran ASOBSI DPD Karanganyar menjadi sarana bagi Bank Sampah untuk terus berkembang dan maju bersama menuju Kabupaten Karanganyar yang Maju dan Merdeka sampah”, kata Bupati Karanganyar.

Ketua ASOBSI dalam sambutannya menyampaikan bahwa Peran DPD ASOBSI Karanganyar sangat besar untuk membangkitkan gerakan Bank Sampah di Kaupaten Karanganyar. Sesuai dengan amanat regulasi UU No. 18 Tahun 2008, PP No. 81 Tahun 2012, Perpres No. 97 Tahun 2017 Tentang Jakstranas , Permen LHK No 2014 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Sampah Pada Bank Sampah, kita semua bertanggung jawab dalam pengelolaan sampah disemua lini.

“Permasalahan sampah di Indonesia khususnya Karanganyar, pengelolaan sampah di sumber, memilah sampah dari rumah adalah harga mati. Karena itu peran Bank Sampah sampah sangat penting untuk mengedukasi masyarakat. ASOBSI mengucapkan terima kasih atas Dukungan Bapak Bupati Karanganyar, DLH Kabupaten Karanganyar, SKPD Se Kabupaten Karanganyar. Kami berharap, dukungan ini terus berkelanjutan,” imbuhnya.