Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) merupakan salah satu upaya Kementerian Negara Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mendorong penaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui instrumen informasi.

Penghargaan Proper bertujuan mendorong perusahaan untuk taat terhadap peraturan lingkungan hidup dan mencapai keunggulan lingkungan. Dalam kategori penilaian Proper, terdapat beberapa tingkatan, dari yang paling rendah sampai yang tertinggi, yaitu HITAM, MERAH, BIRU, HIJAU dan EMAS.

Peringkat HITAM dan MERAH diberikan bagi perusahaan yang belum taat pada peraturan perundangan lingkungan hidup, peringkat BIRU bagi perusahaan yang sudah taat pada peraturan lingkungan hidup, peringkat HIJAU dan EMAS bagi perusahaan yang telah melaksanakan pengelolaan lingkungan hidup lebih dari taat (beyond compliance).

Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Karanganyar dalam rangka mendukung program tersebut berupaya mendorong perusahaan untuk dapat memperoleh penilaian yang baik.

Berikut daftar perusahaan di Kabupaten Karanganyar yang telah mengikuti PROPERNAS atau penilaian peringkat kinerja perusahaan tingkat nasional pada tahun 2015 dan memperoleh peringkat BIRU :

  1. PT. SARI WARNA ASLI I
  2. PT. SARI WARNA ASLI III
  3. PT. INDO ACIDATAMA
  4. PT. MUTU GADING TEKSTIL
  5. PT. DUNIATEX
  6. PTPN (IX) PG. TASIKMADU
  7. PT. KUSUMA HADI SANTOSA
  8. PT. IFFARS PHARMACEUTICAL
  9. PT. NEW SUBURTEX II
  10. PT. GRAHA FARMA
  11. CV. RANOTEX
  12. PT. INDACO COATINGS INDUSTRY

Dari 21 perusahaan yang telah Proper diperoleh hasil 12 perusahaan mendapat peringkat BIRU, 2 perusahaan mendapat peringkat?MERAH, dan 9 perusahaan masih dalam tahap penaatan.

Diharapkan tahun 2016 lebih banyak perusahaan yang mendapat Proper dengan hasil peringkat yang baik dan perusahaan yang telah meraih peringkat tersebut di atas dapat lebih meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan hidup sehingga meraih prestasi proper dengan peringkat lebih tinggi.

Untuk bisa mendapatkan hasil penilaian yang baik, dapat mengacu presentasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengenai KRITERIA PROPER DOKUMEN LINGKUNGAN & PENGENDALIAN PENCEMARAN UDARA TAHUN 2016